Minggu, 01 Juli 2012

Teknik Negosiasi Bisnis

Nah sekarang saya akan memberikan sedikit pengetahuan yang saya dapatkan untuk berbagi ilmu kepada blogger-blogger semuanya.
disini saya akan memberi sedikit pengetahuan tentang arti dari TEKNIK NEGOSIASI BISNIS.

* Teknik Negosiasi Bisnis
Negoisasi adalah perundingan, negosiator adalah perunding. Negosiasi adalah untuk mengatasi perbedaan pendapat antara kedua belah pihak. Negosiasi yang baik danefektif adalah negosiasi yang berdasarkan data riil dan faktual.
Seorang negosiator harus memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan & intuitif dalam melakukan proses negosiasi.

 * Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang negosiator :
  • Informasi 
Mengapa kita harus memiliki Informasi ? karena Informasi itu memiliki kemampuan untuk mencari, mengolah dan memanfaatkan informasi yang riil, akurat dan faktual.
  • Ilmu Pengetahuan
Karena dengan memiliki kemampuan Ilmu Pengetahuan kita bisa mengetahui tentang bagaimana cara bernegoisasi secara efektif.
  • Penilaian
Disini juga kita harus mengerti mengenai Penilai agar kita dapat mempunyai ketepatan dan kecepatan dalam menilai situasi dan kondisi proses negoisasi.
  • Bijak / Arif
Kebijkan/Arif itu sangat penting untuk proses dalam bernegosiasi karena Kebijakan/Arif ini bertindak dengan pegangan moral (etika bisnis) dalam proses negosiasi.

* Faktor - Faktor Penting Dalam Negosiasi
  •  PROSES NEGOSIASI
  • Tawaran
  • Tawaran balik
  • Konsesi
  • Kompromi
  • Persetujuan 

* Karakteristik Negosiator yang BaikSifat-sifat negosiator yang baik : 
  • Percaya diri
  • Menciptakan penampilan yang baik
  • Dapat mengendalikan emosi
  • Menghargai orang lain
  • Tidak merasa sempurna
  • Ramah, sopan, simpatik dan humor
  • Berpikir positif
  • Sabar, ulet dan tidak mudah putus asa 
  • Mencintai dan memiliki profesi yang ditekuni 
 
 * PRINSIP-PRINSIP PELAKSANAAN NEGOSIATOR.
  • Mempersiapkan bahan materi pembicaraan
  • Menyusun tujuan sekaligus target yang akan dicapai
  • Membuat janji
  • Waktu pelaksanaan pertemuan
  • Dengan siapa
  • Mengenal lebih jauh yang akan di lobby (kepribadian, hobby, sifat & karakter, dll) dari orang dekat).
  • Kenal & akrab dengan orang dekatnya (Sekretaris, Ajudan, Rekan, dll).
  • Persiapan penampilan (pakaian, sepatu, dasi, alat tulis, dll), sehingga menarik simpati & meyakinkan.
 
  * Menentuksn Jalur Negosiasi
  • Mengenal Gaya Negosiator
  1. Kooperatif
  2. Agresif
  •  Mengenal Tipe Negosiator  
  1. Orang yang mencari keuntungan kecil & resiko yang kecil
  2. Orang yang mencari keuntungan besar & resiko yang besar 
  •  Mengenal Teknik Negosiator
  1. Garis keras (jelas & mudah dipahami)
  2. Lunak (tidak jelas apa yang menjadi kemauannya)
  • Jalur tawar-menawar murni adalah :Proses dengan masing-masing pihak cenderung mencari perolehan & keinginan maksimum dengan kerugian di pihak lain.

  • Jalur tawar-menawar dilakukan apabila:
  1.  Kepentingan anda jelas bertentangan 
  2.  Anda jauh lebih kuat 
  3. Anda tidak membutuhkan hubungan yang harmonis & jangka panjang 
  4.  Anda kurang/tidak mempercayai pihak lain.
  5.  Kesepakatan (deal) mudah dicapai 
  6.  Pihak lain juga menghendaki jalur tawar-menawar murni
 
* Strategi Negosiasi

  • Strategi yang digunakan untuk mempengaruhi orang lain, agar orang lain memperhatikan & menuruti kehendak seorang negosiator => digunakan oleh sales dalam memasarkan produk/jasa.
  • Strategi ini meliputi:
  • A. Asosiasi => memanfaatkan nama institusi/produk yang sudah dikenal luas àefek positif.
  • B. Disasosiasi => memanfaatkan nama/produk/jasa yang ditawarkan sehingga klien akan berpaling pada produk lain.
  • C. Random Sample => menawarkan dengan cara memamerkan suatu produk yang terbaik sehingga wakil dari keseluruhan produk ditawarkan.
  • D. Salami => menawarkan produk/jasa dengan cara membuat pihak lain makin lama makin mempercayai & mendapatkan kewenangan yang meningkat.
 
* KESALAHAN UMUM DALAM BERNEGOSIASI


  • A. Peningkatan komitmen yang tidak rasional.
  • Disebabkan keinginan untuk menang dengan harga berapapun=>faktor psikologis.
  • B. Mitos kue tart => bila 1 orang mendapat lebih banyak maka yang lain akan mendapat kurang.
  • Contoh: membeli dengan harga semurah-murahnya
  • Preventif : mengetahui urutan prioritas dari berbagai hal yang dirundingkan.
  • C. Bertahan.


Demikian wawasan dan pengetahuan yang saya tahu mengenai Teknik Negosiasi Bisnis , Semoga bisa bermanfaat kalian yang membacanya. Good Luck For Entrepreneurs.







0 komentar:

Poskan Komentar